Hari Senin (30/12) adalah hari gembira bagi pelajar SMP Negeri Arun Lhokseumawe. Kesempatan itu dimanfaatkan dengan baik oleh pengurus OSIS SMP Negeri Arun dengan menggelar aneka lomba di sekolah mereka. Biasanya anak-anak sehabis ujian semesteran mereka bisa pulang dan berkumpul dengan keluarga.  Tetapi untuk semester ganjil ini tidak demikian.  Anak-anak berpesta dengan mengadakan berbagai pertandingan olah raga, bazaar amal, dan unjuk kebolehan kegiatan kesenian yang telah mereka lakukan selama ini.

Acara pembukaan kegiatan kesenian dan olah raga ini berlangsung di stadion mini Cilacap komplek Arun.  Semuanya hadir untuk menyaksikan acara pembukaan yang dilaksanakan Drs. Muhammad selaku kepala sekolah mereka. Masyarakat merasa antusias menyaksikan pengguntingan pita, pelepasan balon ke udara pertanda kegiatan dimulai.

Muhar Al Ikram sebagai ketua panitia melaporkan kegiatan ini dilaksanakan selama mnggu fakum, tujuh hari  lamanya, dan diikuti oleh seluruh siswa kelas VII, VIII, dan IX, dengan sponsor komite sekolah Arun. Selain itu, kegiatan minggu fakum dilaksanakan pertandingan sepak bola, bazaar, bulutangkis, lintas alam, dan pentas seni. Waktu pelaksanaannya dapat dlihat di papan madding, dan berakhir Sabtu (4/1) saat pembagian rapor tiba.

Hari kamis dilaksanakan kegiatan lintas alam. Jarak tempuh sejauh 8 km tak begitu mereka rasakan, bahkan guru-guru yang sudah tua pun menikmatinya. Mereka berjalan sambil bercanda. Begitu jalan mendaki, atau tiba saatnya menaiki tangga seribu, ada yang mengatakan aduh capek juga, itulah kalau kita jarang latihan.

Setelah menempuh perjalanan  3 jam lamanya, mereka pun sampai di finish. Dengan tak sabar, peserta pun menantikan hadiah yang akan dibagikan untuk mereka yang beruntung. Saat nomor mereka disebutkan, terdengar lonjakan gembira dibarengi dengan terikan histeris. Mereka gembira bukan kepalang, persis sama dengan Mariah Syifa yang meraih sebuah jam tangan  dari panitia kegiatan itu.