DSCN5102

Anak Siaga tengah melepas bendera Merah Putih disaksikan Kakwaran Muara Satu Kak Iskandar Syam selaku penggagas acara Pesta Siaga ke-3 di Koramil Muara Satu Lhokseumawe.

DSCN5107

Pinisepuh Pramuka M. Nurdin Harmonika sedang memberikan kenang-kenangan kepada Barung Siaga terbaik dalam acara Pesta Siaga Lhokseumawe

Kwartir Ranting Muara Satu dan Koramil menggelar acara Pesta Siaga ke-3  tahun 2013 se Kota Lhokseumawe di asrama Koramil Muara Satu yang dihadiri oleh 260 anak-anak siaga dari Kecamatan Muara Satu, Muara Dua, Banda Sakti, dan Blang Mangat.  Hadir   juga  Kakwarcab Lhokseumawe, Kakwaran Muara Satu, Muspika Muara Satu,  dan Mabiran, Kepala-kepala Sekolah dari keemat kecamatan, dan undangan lainnya. Pesta siaga tahun ini mengetengahkan materi lomba  dengan tema siaga mandiri, cerdas, gembira, dan bersaudara, Kamis (2/5)

Camat Muara Satu Rudy Hidayat S. STP. melalui Sekretaris Kecamatan Marzuki ketika meresmikan acara lomba mengatakan sebagaimana diketahui kegiatan pramuka adalah sebuah pendidikan non formal yang intinya mendidik generasi bangsa dalam berbagai aspek seperti kedisiplinan, ketangkasan, kecerdasan, adalah bertujuan membentuk generasi bangsa ini menjadi bangsa yang mandiri, berguna, bagi bangsa dan Negara serta menjadi pemimpin regenerasi kepemimpinan baik tingkat level terendah maupun tertinggi.

DSCN5114

Koramil Muara Satu memberikan hadiah kepada pemenang Pesta Siaga 2013

DSCN5116

Kakawaran Muara Satu Kak Iskandar Syam selaku penggagas acara Pesta Siaga ke-3 tengah memberikan piala juara umum Pesta Siaga ke-3 kepada Bu Erna guru dari SD Swasta Sukma Bangsa di Koramil Muara Satu Lhokseumawe

Metodik kepramukaan yang penggunaannya disesuaikan dengan perubahan zaman, dan dasar prinsip kepramukaan di dalam lingkungan keluarga, pemuda, dan masyarakat.  Guna merealisasikan hal tersebut, kita perlu mengadakan kegiatan pesta siaga ini di tingkat kecamatan bahkan ke tingkat nasional. Pesta  siaga ini perlu untuk evaluasi dan keterampilan anak-anak tingkat siaga di tingkat desa yang nantinya diharapkan sebagai pioneer  dalam kegiatan pengamatan, keterampilan, dan kekompakan.

 Dalam masa perkembangan dan perubahan lingkungan, gerakan pramuka berusaha secara aktif membantu pemerintah melaksanakan pembangunan nasional, menuntut generasi muda akan perubahan prilaku, peningkatan kemampuan pribadi, serta pengaruh perkembangan ilmu pengetahuan agar peserta didik khususnya peseta siaga dapat mencapai sasaran secara berdaya guna sesuai anggaran dasar rumah tangga, maka perlu adanya kegiatan terarah dan sistematis sesuai standar kompetensi ,

Sementara itu Kwaran Muara Satu Iskandar Syam ketika menutup acara ini mengharapkan anak-anak siaga untuk tetap berlatih lagi guna mengikuti event tahun depan, dan berterima kasih pada panitia dan sangker Muara Satu yang telah bekerja sama sehingga acara Pesta Siaga ke-3 sukses dilaksanakan, Danramil yang telah memberi fasilitas yang cukup memadai.

Dalam lomba diumumkan pemenangnya di antaranya  Pemenang pakai kacu , terbaik 1 SD Negeri Arun, 2 SD Negeri 6 Muara Satu, 3 SD Sukma Bangsa, putri juara 1 SD 4 Muara Satu, 2 SD Negeri  11 Banda Sakti, 3 SD Negeri Banda Sakti. LKBB putra pemenang  1 SD Negeri 1 Muara Satu, 2 SD Negeri  1 Banda Sakti, 3 SD 11 Banda Sakti , putri juara 1 SD Negeri 1 Muara Satu, 2 SD Negeri 1 Banda Sakti, 3 SD Negeri 5 Muara Satu.

Pengucapan Dwi Satya dan Dwi Dharma putra juara 1 SD Negeri 1 Muara Satu,   2 SD Negeri 6 Muara Satu, 3 SD Negeri 11 Banda Sakti, putri juara  1 SD Sukma Bangsa, 2 SD Negeri Arun, 3 SD Negeri 3 Banda Sakti. Yel – yel putra juara 1  SD Negeri Arun, 2 SD  Negeri 6 Muara Satu, 3 SD Swasta Sukma Bangsa, putri juara 1 SD Sukma Bangsa, 2 SD Negeri  1 Muara Satu, 3 SD Negeri Arun. Cabang out bond putra  juara 1 SD 5 Muara Satu, 2 MIS Banda Masen, 3 SD Negeri Banda Sakti, putri juara 1 SD Negeri 15, 2 MIS Banda Masen, 3 SD Negeri 3 Banda Sakti, putri  1 SD Negeri 1 Muara Satu, 2 SD Negeri 7 Muara Satu, Barung terbaik 1 SD 6 Muara Satu, 2 SD Negeri 1Muara Satu, 3 SD Negeri 4 Muara Satu, putri 1 SD Negeri 1 Muara Satu,  2 SD Sukma Bangsa, 3 SD Negeri 11 Banda Sakti.

Menurut Kak Sukri selaku panitia yang mengumumkan pemenangnya mengatakan untuk menentukan juara umum, yang dinilai adalah bobot  dari juara satu cabang lomba yang sesuai dengan juklak, tidak termasuk juara terbaik pimpinan barung. Juara umum tahun ini adalah SD  Swasta Sukma Bangsa dan pialanya langsung diserahkan Kakwaran Muara Satu Iskandar Syam selaku yang punya hajat.(hR81)