Gambar

Agenda   kegiatan tahunan Gerakan Pramuka Kwartir   Cabang Kota Lhokseumawe  mengadakan Perkemahan Kompetisi Tunas Remaja v 2913  di Bumi Perkemahan Desa Ulee Mane Blang Mangat Scout Camp Kecamatan Blang Mangat Lhokseumawe dari tanggal 21 – 24 Februari 2013 diawali pembacaan ayat suci Al Quran Fajri dan pembacaan UUD 1945, Pancasila, dan Dasa Dharma Pramuka dan pelepasan Jambore Asia Pasifik Regional ke Jepang.

Gerakan Pramuka adalah pendidikan kepramukaan bagi kaum muda guna menumbuhkan tunas bangsa agar menjadi generasi yang baik, sanggup bertanggung jawab dan mampu membina dan membangun sebagai generasi bangsa. Kegiatan Perkemahan Kompetisi Tunas Remaja V 2013 dilaksanakan dan diikuti se-Korwil 2 Aceh yaitu Kwarcab Pidie Jaya, Kabupaten Bireuen, Kabupaten Aceh Utara, dam Kota Lhokseumawe, demikian laporan panitia  Kak Zainuddin dihadapan peserta perkemahan yang dihadiri Dandim Aceh Utara, Kapolres Lhokseumawe, Sekda Kota Lokseumawe, Camat Blang Mangat, Kakwarcab Lokseumawe, Bireuen, Aceh Pidie, Aceh Utara, dan Kamabigus dari seluruh pangkalan dari Pidie Jaya hingga Aceh Utara, kakak Pembina dari masing-masing Gudep

Dalam mencapai tujuannya, antara lain menanamkan dan menumbuhkan budi pekerti luhur dengan cara memantapkan mental, moral, fisik, pengetahuan, keterampilan, pengalaman melalui berbagai keterampilan. Selain itu untuk melaksanakan program kerja cabang, sebagai ajang uji coba kegiatan kepramukaan, dan silaturrahmi sesama anggota pramuka.

Untuk hal itu diperlukan pembekalan pengetahuan dan keterampilan bagi para anggota Pramuka se-Korwil 2 Aceh dalam upaya pembentukan watak dan mental menjadi manusia seutuhnya yang berjiwa dan berkepribadian Pancasila.

Kegiatan tersebut selain merupakan upaya pembinaan anggota Pramuka Penegak dan Penggalang juga merupakan program tahunan yang telah ditetapkan melalui musyawarah Dewan Kerja Cabang Kota Lhokseumawe dan diikuti 4 kabupaten se-Korwil Aceh dengan jumla peserta  1057 orang terdiri dari Penggalang 344, putra 192 orang dan putri 152, Penegak 483, putra 283 dan putri 200, peninjau 94 putra  49 putri, Pembina 131 putra,  79 pembina putri, dan  49 pangkalan.

Lomba yang dipertandingkan dan diperlombakan meliputi adzan, surat pendek, panorama,  kebersihan kota, sandi dan isyarat, kompas, LKBB, pionering, menaksir, bivak, P3K, dan kemah standar. Pinsa dan pinru terbaik, kebersihan tenda.

Sekdako Lhokseumawe Dasni Yuzar , SH. MM yang mengucapkan selamat datang kepada peserta perkemahan, bertandinglah secara sehat dan junjung tinggi persaudaraan di antara peserta.

Di zaman era globalisasi ini pramuka dipandang sebagai organisasi yang sudah ketinggalan zaman. Untuk menghapus anggapan tersebut, pramuka harus berinovasi dan berprestasi sehingga bisa mengharumkan nama bansa. Pramuka diarapkan bisa menjadi benteng penghalang era globalisasi.

Melalui kegiatan pramuka akan dicetak menjadi pemimpin masa depan. Oleh karena itu, pramuka wajib diminati para remaja. Pramuka harus memiliki daya tarik  untuk mengajak remaja lainnya menjadi anggota pramuka.

Diharapkan melalui kegiatan ini, kita akan dapat melahirkan didikan karakter yang sangat tepat untuk remaja. Sebab saat ini distorsi anak-anak terhadap prilaku karakter bela Negara, sopan santun dan sebagainya, kian memprihatinkan. Para remaja mengalami gangguan dengan adanya system informasi dan berita dari media yang tidak seimbang, sehingga membuat mereka jadi bimbang.  Melalui  pendidikan karakter seperti pramuka diarapkan adanya keseimbangan kebenaran dan kejujuran.

Dengan demikian akan melairkan generasi yang memliki moralitas, berdaya manfaat, keteladanan, dan kepemimpinan, berpikir strategis, memiliki kompetensi diri sesuai dengan perkembangan zaman. Beliau juga mengucapkan selamat kepada pemenang semoga bisa dipertahankan pada Perkemahan Tunas Remaja ke VI di Gandapura, demikian Marzuki Sulaiman, MM menutup acara ini, Minggu (24/2) dan menyerahkan tunas kelapa kepada Geucik Ricky dan para pemuda desa Ulee Mane Blang Mangat .

DSCN4459

Pihak masyarakat Desa Ulee Mane Kecamatan Blang Mangat,  kata Geucik Ricky saat ditemui wartawan mengatakan  atas nama masyarakat menyambut baik dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada Pembina dan jajarannya  atas terselenggaranya acara perkemahan  dan mendukung kegiatan ini, lebih-lebih pemuda desa yang turut membantu menjaga keamanan dan ketertiban selama berlangsungnya perkemahan, mereka bangga bisa menyaksikan kegiatan pramuka yang sebenarnya dari dekat, terutama ketika shalat berjamaah ditegakan, kegiatan gotong royong membersihkan meunasah dan masjid, dan  lagi mereka mendapat bantuan berupa tunas kelapa yang akan ditanam di halaman desa mereka.

Keluar sebagai juara umum tingkat Penggalang MTs Gandapura dan Penegak SMA 1 Lhokseumawe dan bertindak sebagai penyelenggara Perkemahan Tunas Remaja VI tahun 2014 adalah MTs Gandapura Kabupaten Bireuen.