Wajah-wajah ceria tampak menghiasi  raut muka para yudisiumwan Fakultas Kedokteran Universitas Malikulsaleh Sabtu (22/9) yang merupakan yudisium angkatan perdana ini. Kegiatan ini berlangsung gedung serba guna kawasan Cunda Lhokseumawe.

Hadir dalam yudisium  ini Rektor Universitas Malikulsaleh, Bupati Aceh Utara, Walikota Lhokseumawe, Direktur Utama RSU Cut Mutia, Kapolres, Danramil, sivitas akademika Unimal, dosen, karyawan tenaga kependidikan, mahasiswa program studi Pendidikan Dokter Unimal, dan 31 Sarjana Kedokteran (dokter muda) Universitas   Malikulsaleh.

Prof. dr. Fadil Oenzil PhD, SpGK menyampaikan selamat kepada para dokter muda yang baru dilantik dan terima kasih pada Rektor Universitas Malikulsaleh dan jajarannya yang telah bekerja sama baik tahap akademik maupun tahap profesi klinik yang ikut membantu kelancaran proses belajar mengajar di PSPD Unimal

PSPD Unimal lolos seleksi Program Hibah Peningkatan Kualitas Pendidikan Dokter (PHK-PKHD) dan berhak mendapatkan pendanaan untuk setiap program yang diusulkan, dengan tema Pelaksanaan Strategi Pengajaan Full Problem based earning dengan kemitraan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas

Tahun akademik 2012/2013 sejumlah mahasiswa mulai angkatan 2008, pada saat sekarang 276 orang (dikurangi 31 orang yang ikut diyudisium), 24 orang dosen tetap, dosen luar biasa, 16 orang sedang mengikuti lanjutan Megister S2 dan PPDS di Unair, USU, IGM, Undip, Unand, dan UI. Beberapa orang sudah menyelasaikan pendidikan lanjutan di antaranya Dr. Cut Khairunnisa Mkes USU, Harvina Savitri SKM, MKM alumni UI, Dr. Zubir menunggu wisuda MBiomed di Unand proyek HPEQ PHKPKPD. Dosen yang mengikuti HPEQ 14, 13 orang program S2, 1 orang S3 yaitu dr. Indra Zachreaini, Sp. THT-KL. Dengan demikian kualitas dan kuantitas Unimal ini dapat meningkatkan Profesi Klinik di RS Pendidikan, PPSD dapat menjadi Fakultas.

Guru besar ini juga mengharapkan agar Direktur RSUCM memberi bantuan 31 orang S.Ked PSPD Unimal dapat memulai KKJ dan KKS untuk penyakit dalam, katanya.