Komandan TNI AL Lanal Lhokseumawe bertindak sebagai inspektur upacara pada Saka Bahari Famili Camp II di Bumi Perkemahan Komplek AL Cut Nyak Dien Paloh Igeuh Dewantara Aceh Utara


Untuk menumbuhkan rasa persaudaraan sesama pramuka  khususnya saka bahari serta memiliki pengetahuan, pengalaman, keterampilan,  cinta tanah air khusunya kelautan, digelar Perkemahan Saka Bahari Family Camp II 2012 di Bumi Perkemahan Komplek Perumahan TNI AL Pulo Rungkom Kecamatan Dewantara Aceh Utara.

Kapten Laut (T) M.Sumihar Sirait, ST melaporkan bahwa perkemahan ini diikuti seluruh anggota Saka Bahari Posal mulai dari Belawan sampai Sigli dengan mengikuti kegiatan umum upacara pembukaan dan penutupan, kegiatan pengetahuan pengenalan saka bahari, pengenalan TNI AL, pencegahan dan pemberantasan narkoba, keterampilan membuat masakan khas bahari, api unggun, pentas seni, pemutaran film 5 elang, ketangkasan pengenalan alat selam, snorkling, mendayung perahu karet, flying fox, dan kegiatan bakti  bersih pantai,  rumah ibadah, gampong, dan penanaman pohon keras di sekitar desa Pulo Rungkom, dan bermanfaat untuk seluruh peserta dan dapat mengembangkan pramuka saka bahari di daerah masing-masing agar lebih maju.

Penyematan tanda peserta dilakukan Komandan TNI AL Lanal Lhokseumawe

Perkemahan yang  berlangsung 13-17 Juni 2012 dihadiri Komandan Denrudal 001 Aceh, Kwarcab Aceh Utara, Kwarcab Lhokseumawe, Kadis Olahraga Aceh Utara, Kadis Olahraga Lhokseumawe, Ketua Dewan Kerja Aceh Utara, Kepala Pelabuhan Indonesia, Muspika Dewantara, Kepala Desa Pulo Rungkom, Paloh Igoe, PPLHK Aceh Utara dan Lhokseumawe, humas PT Arun dan PIM, Search an Rescue, seluruh andalan ranting Dewantara, dan tidak kurang dari 229 peserta saka bahari , di antaranya Saka Bahari Posal Sigli, Bireuen, Nisam Antara, Marinir Rancong, Dewantara, MOSA Arun, Bener Meriah, Krueng Geukueh, Lhokseumawe, Syamtalira Bayu, dan Langsa.

Komandan TNI AL Lanal Lhokseumawe Letkol Laut (P) Tjatur Soniarto  mengucapkan selamat datang kepada para peserta Saka Bahari Famili Camp II di Komplek TNI AL Cut Nyak Dien Palo Igeuh Dewantara  Aceh Utara. Kegiatan ini merupakan bagian program kerja dari kegiatan Pimpinan TNI AL yang dilaksanakan kedua kalinya. Banyak manfaat yang bisa didapat dari kegiatan saka bahari family cam II di antaranya mempererat tali persaudaraan di antara sesama pramuka, menambah wawasan dan keterampilan peserta.

Gerakan pramuka Saka Bahari adalah suatu wadah perkumpulan muda-mudi yang berkarir di bidang potensi kelautan yang disesuaikan dengan krida-krida yang bertanggung jawab, seperti  krida sumber daya bahari, krida reksa bahari, krida wisata bahari, krida jasa bahari.  Krida  tersebut   memberi manfaat pada anggota Saka Bahari  dan masyarakat sekitarnya.  Perkemahan ini juga memperkenalkan masyarakat betapa pentingnya gerakan pramuka satuan karya bahari.

Beliau juga mengajak masyarakat supaya bersama-sama menggali sumber potensi kelautan yang dimiliki untuk melestarikannya agar kelak menjadi salah satu kebanggaan bagi bangsa Indonesia. Melalui Saka Bahari Family Camp II ini akakn tercipta kader bangsa yang berakhlak mulia dan bermoral Pancasila, menanamkan motivasi yang tinggi untuk melahirkan suatu karya bakti demi hari esok  yang lebih cerah.