TK Pendidikan Islam dulunya bernama TPA, sejak 2005 bernama TK Islam Darul Bahar beralamat Jalan Medan Banda Aceh Lr Mesjid Dusun C Batuphat Timur, Kecamatan Muara Satu, Lhokseumawe, kondisinya sangat memprihatinkan. Walaupun begitu, sekolah Taman Kanak-kanak Islam ini masih saja digunakan demi mendidik putra-putri meraih masa depannya.  Anak-anak tampak ceria bermain  dengan teman sebayanya atau gurunya. Tapi, keasyikan mereka sedikit terusik oleh besi-besi runcing nan tajam di halaman belakang sekolah mereka yang sewaktu-waktu dapat mengancam bahaya.

Pantauan haba Rakyat Senin (12/3) diketahui bahwa kondisi bangunan  sudah sangat tua, halamannya terasa sempit, pagar pembatas ada yang bolong-bolong, dan banyak hewan piaraan yang masuk ke arena bermain anak-anak,  nah kalau sudah begini, yang dibuat repot guru yang hendak mengajar. Mereka terpaksa mengusir hewan pengganggu. Kodisi ini diperparah lagi, bila hujan tiba, sekolah terpaksa diliburkan karena banjir.Suasana gembira saat usai lomba busana muslimah

Menurut kepala sekolahnya, Sri Wahyuni, ST pihak terkait diharapkan turun tangan membangun sekolah yang layak untuk lembaga pendidikan. Membantu mereka, datang dan lihat kondisi di lapangan.  Perosotan  saja, tidak ada, belum lagi ayunan yang serba kekurangan. Terlebih lagi animo masyarakat cukup tinggi untuk menyekolahkan anaknya di tempat itu. Kini, anakyang bersekolah di TK Islam Darul Bahar mencapai 100 orang.

Lihat saja, anak usia TK, dari sekolah seadanya, mampu untuk bangkit meraih cita-cita yang mereka impikan. Mereka sudah mampu membaca, berhitung, iqra, membaca doa pendek. Semoga ke depan nanti dia mengharapkan ada donatur atau pemerintah yang bersedia membantu sekolah mereka, ujar kepala sekolah mengakhiri perbincangan dengan haba Rakyat. (hR81)