Rabu, 15 Feruari 2012 pukul 09.30 pada pelajaran Bahasa Indonesia, kami berempat Dinda, Nofi, Raudha, dan Annisa mewawancarai kepala sekolah MTs Damora yang bernama Nazli Hasan, MA  karena ingin mengetahui tentang Kedisiplinan Menjalani Hidup di Damora.

Sebelum kami berempat beranjak ke kepala sekolah, kami buat pertanyaan lebih dahulu supaya tidak gugup sewaktu wawancara nanti. Barulah kami mengajukan pertanyaan. Setelah mengucapkan salam, memperkenalkan diri, kemudian kami ajukan pertanyaan seputar kedisiplinan, dan dijawab dengan senyuman seorang kepala sekolah.

Dari hasil wawancara tersebut dapat disimpulkan bahwa untuk menjadi seorang yang disiplin perlu mengikuti segala peraturan, jangan jadikan peraturan sebagai beban, jangan pernah ada rencana untuk melanggar. Disiplin itu harus melatih diri sendiri agar hidup lebih teratur dan jadi orang yang hidup madiri. Lembaga tanpa disiplin akan kacau, jangan pernah berniat untuk melangar, jalani hidup dengan santai, hanya orang yang tidak disiplin yang berbuat demikian.

Ketika Raudha bertanya, bagaimana caranya agar kami bisa mematuhi semua peraturan? Dijawab beliau dengan menganggap peraturan itu sebagai metode pembelajaran di masa depan. Mendengar jawaban itu, kami senang karena bisa tahu tentang disiplin dan berharap kami bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Beliau juga menyampaikan pesan orang yang biasa hidup dengan disiplin hidupnya akan berhasil dan teratur.

Itulah pengalaman yang kami dapatkan mewawancarai ustadz Nazli Hasan yang juga kepala sekolah Damora yang sangat banyak manfaatnya dan kita dapat  menerapkannya dalam kehidupan.

Dinda, Nofi, Raudha, Annisa

Kls VII c Dayah Modern Arun Yapena