Wartawan haba Rakyat (kiri) foto bersama dokter ahli dari Island Hospital Penang Malaysia


Untuk menghindari rasa sakit dan mengurangi tindakan operasi, pihak  PT Arun mengundang pakar dari Pulau Penang Malaysia guna memberikan pencerahan bagaimana seharusnya kita menghadapi suatu penyakit. Pakar yang diundang itu di antaranya Dr. Goh Tiong Meng, Dr. Narrinder Singh, Dr. Aaron Lim, Dr. Yeoh Joon Kuan, dan Nora Hamid sebagai Head of Public Relation Island Hospital Penang Malaysia, Sabtu (30/7) yang berlangsung di gedung Multipurpose Lhokseumawe

Pembicara pertama tampil Dr. Goh Tiong Meng, seorang specialis bedah umum, mengambil tema Inovasi Terbaru Dalam Rawatan Buasir. Di depan sekitar 30 ibu-ibu yang hadir di ruangan, beiiau katakan buasir adalah bongkahan yang terjadi dalam dubur. Bongkahan ini tidak normal, yang buang air tidak merasa sakit. Buasir adalah penyakit biasa dalam masyarakat. Penyebabnya, di dalam dubur manusia terdapat struktur  yang menyebabkan otot kenyal. Bila seorang mengalami sembelit dan mau buang air besar, struktur ini membengkak.

Dr. Goh Tiang Meng sedang meyampaikan materi di hadapan ibu-ibu Lhokseumawe

Dr. Narrinder Singh Shadan mengatakan kanker pangkal rahim merupakan kanker paling kerap dialami wanita dan merupakan kanker beresiko tinggi. Jangkitannya tanpa gejala, dan sebagian pulih tanpa memerlukan perawatan.

Dikatakannya, kira-kira empat dari lima wanita yang mengadakan hubungan akan mengalaminya, 80 % wanita akan mengalami jangkitan HPV kemaluan dalam hidup mereka tanpa mengira usia hidup mereka

Sementara itu, Dr. Aaron Lim banyak mengupas masalah yang berhubungan dengan ortopedi dan Dr. Yeoh Joo Kuan tentang Penyumbatan Pembuluh Darah Jantung. Ini adalah penyakit jantung, bisa menimbulkan capek, perasaan ngeri di dada, dan membawa maut. Kebanyakan penyumbatan koroner dapat dilebarkan dengan pasang ring dengan bius lakal, dari tangan atau paha

Penyakit ini sering tiimbul kembali, maka kita harus lakukan berhenti merokok, jaga berat badan dengan berolah raga ringan, mengkonsumsi makanan sehat dan kurang lemak, goreng, garam, lebihkan sayuran, dan buah-buahan.

Menurut  Nora Hamid kepada haba Rakyat mengatakan ceramah ini dikhususkan untuk pekerja-pekerja di sini, bagaimana mau menjaga kesehatan, lebih baik mencegah daripada mengobati. Ini adalah kali kedua mereka kemari, selagi diundang, mereka akan datang. Jika  dokter dan pasien Indonesia  sakit, tak juga ditemukan dokter di Indonesia, baru bisa berobat ke Penang.

Beliau sangat mengharapkan ibu-ibu di sini dapat pula memberitahukan kepada rekan-rekan agar menjaga kesehatan dengan baik, kalau tak perlu ke Penang, tak usahlah, tapi bila benar-benar menginginkan berobat ke sana, ya silakan saja ke Island Hospotal. Banyak orang Aceh berobat ke Penang, lebih tenang, lebih aman lagi, katanya mengakhiri.