KH.Abd. Syafi Alwi tampak sedang membimbing pensyahadatan Alfian Effendi ketika masuk Islam di mesjid Istiqamah Arun Lhokseumawe, Senin (11/4)

Dan (Ingatlah) ketika Isa ibnu Maryam berkata: “Hai Bani Israil, Sesungguhnya Aku adalah utusan Allah kepadamu, membenarkan Kitab sebelumku, yaitu Taurat, dan memberi khabar gembira dengan (datangnya) seorang Rasul yang akan datang sesudahku, yang namanya Ahmad (Muhammad).” Maka tatkala Rasul itu datang kepada mereka dengan membawa bukti-bukti yang nyata, itu suatu tanda kebenaran yang tak bisa disangkal lagi kebenarannya. Kebenaran itu kini menjadi saksi hidup buat lelaki Alfian Effendi.
Pada Senin malam (11/4) Alfian Effendi, putra kelahiran Tandem Sumatera Utara, 5 Juni 1970, anak ketiga dari tujuh bersaudara ini, berganti keyakinan dari agama Budha menjadi pemeluk Islam dan mengganti namanya menjadi Muhammad Alfian Effendi . Pensyahadatan dilakukan pukul 20.30 WIB di Mesjid Istiqamah LNG Arun Batuphat Lhokseumawe selesai sholat Isya dibimbing KH Abd. Syafi Alwi Imam Mesjid Istiqamah PT Arun
Di hadapan ulama dan jamaah Isya yang hadir menyaksikan acara itu, putra Tionghua yang kini tinggal di jalan Bandes Tempok Teungoh Lhokseumawe dan bekerja sebagai tenaga grosir pada toko klontong ini, telah berikrar dan berjanji dengan sepenuh hati untuk menjadi pemeluk agama Islam. Keinginan untuk memeluk Islam telah dirasakannya sejak masih kecil, sejak tinggal di Bayu, terlebih setelah melihat saudara-saudaranya, bahkan teman kecilnya banyak yang beragama Islam, namun baru sekarang bisa terlaksana
Pada kesempatan itu ustadz Zakaria Yahya, Lc memberikan nasihat bahwa setiap umat yang masuk ke dalam agama islam, hendaknya dia mohon rahmat, nikmat, sehingga nikmat besar yang telah didapat ini menjadikan sejarah hidup bagi yang masuk Islam, jadikan babak baru untuk mulai hidup lebih baik. Tatkala kebenaran itu telah tiba, sebesar apapun tekad yang dimiliki, sungguh hanya ada di tangan Allah, dan kemana pun engkau pergi, tetap teguhlah di jalan Allah. Selamat dan semoga Allah senantiasa memberikan hidayah pada hambanya.