Siswi Damora foto bersama dengan pendamping mereka Pak Ridha saat belajar di luar kelas dengan mengambil tempat di warnet Anggrek Ponsel, Lhokseumawe

Belajar di luar kelas merupakan pilihan yang tepat, apalagi untuk menimbulkan kesan yang mendalam bagi siswa. Ini disadari benar oleh guru pembimbingnya sendiri yaitu Pak Ridha. Anak-anak di bawa belajar keluar kelas dengan mengunjungi salah satu warnet di Batuphat, Anggrek Ponsel, Lhokseumawe, Sabtu  (9/4)

Menurut guru yang mendampingi mereka, Pak Ridha yang juga guru berprestasi tingkat nasional 2005 ini kepada haba Rakyat, mengatakan kegiatan ini adalah yang keempat kalinya dilakukan setelah minggu lalu kelas VIII A,B,C, baru yang terakhir kelas VII C. Selain itu, katanya, biasanya anak-anak pengetahuannya akan cepat lengket bila diberi kesempatan belajar di luar kelas, pengetahuannya bertambah, kosa katanya pun demikian, mereka juga  perlu refresing setelah mengikuti ulangan MID semester.

Ketika ditanya seputar kegiatannya apa menyalahi aturan atau tidak, Pak Guru yang akrab dengan siswanya ini berujar, sekarang ini kan kurikulum sudah diserahkan ke sekolah, sekolahlah yang merumuskan bagaimana kurikulum itu disajikan dan diterapkan, namanya kurikulum KTSP. Kita yang membuatnya, sesuaikan dengan kondisi di mana anak belajar, jangan sampai yang dibuat itu tidak dilaksanakan, itu namanya sia-sia. Coba ditanya deh pada mereka, kesan apa yang mereka dapatakan.

Menurut Yesi Nilandara dan Nur Adilah pada haba Rakyat mereka puas belajar di luar seperti ini, jarang-jarang dapat guru yang macam bapak Ridha, di samping baik juga yang pertama-tama ngasih kami ke warnet. Kami sedikit kecewa, karena pekerjaan sudah selesai, eh komputernya mati ototmatis, ya kontan saja kecewa, tapi untunglah kami diberi kesempatan buatnya di waktu yang lain, ungkap Yesi. Bukan itu saja, beberapa hari lalu, kami diizinkannya ke pasar untuk wawancara, kalau di sekolah kan sudah biasa, di luar kami dapat pengalan baru, pokoknya Pak Ridha is the best lah, ujar mereka berdua mantap

Memang, kalau kita pandai menempatkan anak dalam belajar di kelas dan di luar kelas, dan anak dapat menerimanya, sudah pasti bahagia dan senanglah yang akan didapat.