Pasukan Penggalang pa/pi berpoto bersama pembinanya saat sebelum acara penjelajahan dimulai

Memasuki semester genab ini Pramuka Gudep 02059-02060 menggelar (Persami) perkemahan Sabtu dan Minggu  (5-6/1) di lapangan jalan Kresna Lhokseumawe. Adik-adik begitu bergembira menyambutnya. Inilah untuk pertama sekali anak-anak ikut dalam perkemahan. Mereka membayangkan akan banyak kegitan yang mereka ikuti. Ada lomba memasak, penjelajahan, dan sebagainya.

Tepat pukul 15.00 adik-adik sudah datang. Mereka membawa perlengkapan yang dibutuhkan. Ada yang membawa perlengkapan masak, mandi, dan tak ketinggalan pakaian untuk tidur. Biarpun berat, adik-adik yang baru naik tingkat dari siaga ke penggalang tetap mengangkatnya. Mereka tak ingin ketinggalan, tak ingin kena hukuman. Saling membantu mereka tunjukkan kepada kakak Pembina.

Kak Sukri selaku Bin Pasukan mengingatkan adik-adik  agar senantiasa patuh pada orang tua, setiap permasalahan yang adik-adik temukan, atau hadapi, pecahkan bersama-sama, kalau tidak bisa, kasih tahu kakak Pembina. Dalam mendirikan tenda pun demikian, kalian harus sama-sama, tak bisa sendiri-sendiri, alangkah baiknya ketua regu mengatur semuanya.

Selesai mendirikan tenda, shalat magrib dan isya, adik-adik menerima bekal sandi kotak, angka, dan tanda jejak dari Kak Rosda selaku panitia kegiatan. Di sini adik-adik tanpak gembira. Mereka berlomba-lomba memperebutkan angka. Apalagi kakak pembinanya pandai memainkan kata-kata sehingga adik-adik tidak pernah bosan

Pagi harinya diadakan penjelajahan. Di sini tampak seru, bahkan ada adik-adik yang ke sasar. Untunglah ada kakak yang baik hati sehingga adik-adik yang masih baru terselamatkan. Pulang dari penjelajahan, adik-adik lomba masak untuk makan siang.