Pramuka merupakan wadah yang selalu menerapkan disiplin pada anak didiknya. Melalui pramuka anak-anak ditempa akhlaknya menjadi akhlak mulia sebagaimana diharapkan orang tua dan masyarakat lingkungan tempat tinggalnya. Itulah yang terjadi di Dayah Modern Arun Lhoseumawe, selain membina anak didik dalam hal agama, mereka juga menempa siswanya agar unggul di bidang kepramukaan. Betapa bahagianya anak-anak mengikuti latihan perdana ini, semua antusias mengikuti materi latihan yang diberikan hari itu, Kamis (27/1).

Hari ini merupakan hari pertama adik-adik latihan kepramukaan. Oleh karena itu, dalam dunia pramuka adik-adik akan belajar ketrampilan, tanggung jawab, sikap-sikap terpuji, serta karakteristik sebagai anggota pramuka. Berpikirlah yang terpuji seperti yang digambarkan dalam dasa dharma. Berpikir yang baik dan kuat. Orang  yang hidupnya rendah hati, hidupnya senantiasa dihiasi dengan kejujuran, bersikap yang ramah, insyaallah  akan banyak teman dan pergaulan akan indah. Semua itu  bisa diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari, demikian antara lain pesan yang disampaikan Direktur Pendidikan Yapena Drs. Bachtiar Yusuf ketika meresmikan acara ini.

Sementara itu, Normal Tarigan salah satu Pembina sangat berharap latihan perdana ini bisa berjalan lancar. Dia amat bahagia melihat anak didiknya, “Lihatlah komandan upacara M. Ambilal dan yang membacakan dasa dharma pramuka Satria Andhika. Mereka begitu tegas dan penuh wibawa, seperti telah lama berlatih. Apalagi latihan baru beberapa hari,” tukasnya.

Acara latihan hari itu diisi dengan tali-temali untuk kelompok putri, unjuk kebolehan persada, tari saman, dan drama kolosal. Seandainya latihan terus, sudah pasti hasilnya akan lain.