Salah satu kelompok peserta sedang menantikan giliran start dalam acara Karnaval 1 Muharram 1432 H di lapangan Hira Lhokseumawe, Selasa (7/12)

Warga kota Lhokseumawe memadati lapangan Hira dari segala penjuru. Ini dikarenakan untuk mengikuti Karnaval menyambut 1 Muharram 1432 H. Perlombaan kali ini dibuka secara resmi walikota Lhokseumawe Munir Usman, Selasa (7/12)

Dalam arahannya Munir mengajak peserta agar tidak menganggap 1 Muharram ini sebagai peringatan seremonial belaka, tapi jadikanlah  kegiatan keagamaan ini sebagai  pembutian kita benar-benar menegakkan syariat islam,  tidak cukup kita mengenal pelaksanaan syariat islam hanya sebatas tutup kulit jika tidak  melaksanakan dengan benar, marilah kita isi dengan berhijriah di jalan Allah dengan mendukung semua instruksi demi kebaikkan bersama.

Hadir dalam acara tersebut Dandim, Kapolres, Camat, Kepala-kepala Dinas, Ketua MPU, dan guru-guru yang mendampingi peserta. Sebanyak 98 kelompok peserta yang berasal dari tingkat SD, SMP, dan SMA se-Kota Lhokseumawe turut ambil dalam kegiatan yang dilaksanakan setahun sekali ini.  Wajah-wajah imut dan lucu, kepolosan, dan keunikan mewarnai wajah-wajah mereka yang tengah berlenggang lenggok. Ada yang ketawa, bahkan mesam mesem. Semua ceria, gembira, tiada terkatakan.

Tepat pukul 9.00 bendera start pun dikibarkan masing-masing oleh walikota Lhokseumawe, Dandim, dan dan Kapolres. Peserta mulai melalui jalan protocol, keliling kota, dan kembali lagi ke lapangan Hira Lhokseumawe.