Peserta pesantren dari tingkat TK, SD, SMP, dan SMA tengah mengikuti acara pembukaan Pesantren Ramadhan 1431 H di mesjid Istiqamah PT Arun Lhokseumawe, Rabu (11/8)

Bulan suci yang dinanti-nanti telah datang. Umat Islam di pelosok dunia akan berpuasa siang hari dan melaksanakan shalat malam di mesjid-mesjid. Peristiwa setahun sekali ini juga dialami umat Islam yang ada di komplek PT Arun Batuphat Barat. Mereka melaksanakan shalat tarawih dengan imam Tgk Muhadar dan mendengar ceramah awal Ramadhan Selasa (10/8) malam di mesjid Istiqamah Lhokseumawe.

Ceramah Ramadhan malam pertama ini diisi Vice President PT Arun Ir. Fuad Buchari. Di hadapan ribuan jamaah yang hadir memadati mesjid Istiqamah, beliau mengajak seluruh karyawan dan keluarga umat Islam untuk mengisi Ramadhan dengan kegiatan yang dapat membawa perubahan sisi kehidupan kita baik di dunia maupun di akhirat. Sebagai umat kita hendaknya dapat mengaktualisasikan nilai keislaman dalam kehidupan nyata, terlebih dalam bulan Ramadhan.

Orang pertama di perusahaan gas Lhokseumaawe itu juga memberi gambaran bahwa secara psycologis Ramadhan merupakan bulan untuk mendididik manusia menjadi insan yang berakal budi, karena kita ditempa menjadi manusia yang menyadari akan jati dirinya sebagai manusia, yang dapat membebaskan diri dari belenggu hidup, mengintrospeksi diri, menjalin persaudaraan lebih bermakna, yang akhirnya dapat mengantarkan diri pada eksistensi manusia di hadapan Allah, menjadi manusia sejati yang mampu merasakan kekurangan dan kelebihan yang ada pada tiap insan, dan mampu mengembangkan pribadi menjadi makhluk sosial yang bermakna dalam kehidupan ini.

Vice President PT Arun Ir Fuad Buchari sedang memberi ceramah awal Ramadhan 1431 H di mesjid Istiqamah PT Arun Lhokseumawe, Selasa (10/8) malam

Selain itu, Ramadhan tahun ini BDI PT Arun mengisinya dengan  berbagai kegiatan di antaranya buka puasa bersama, ceramah agama, safari Ramadhan, pengjian  Al Quran bagi ibu-ibu PWP, bakti sosial BDI – PWP yang dilaksanakan Remaja Mesjid Istiqamah, cerdas cermat tingkat TK dan SD lingkungan pada 21 dan 22 Agustus, fardhu kifayah yang dilaksanakan gabungan remaja Remais dan remaja Pemko Lhokseumawe tanggal 22 Agustus, pengajian lingkungan atau pesantren kilat bagi siswa TK, SD, SMP, dan SMA. Untuk tingkat TK diikuti 40 orang, SD 230 orang, SMP 181 orang, dan SMA 261 orang dengan peserta seluruhnya 712 orang yang merupakan gabungan dari anak karyawan dan anak 12 desa lingkungan sekitar perusahaan, demikian laporan Ketua Pelaksana Pesantren Kilat Ramadhan 1431 H Ilyas Abd. Rahman di hadapan unsur majajement PT Arun dan jajarannya, Ketua BDI PT Arun, dan masyarakat yang mengikuti acara pembukaan pesantren kilat di mesjid Istiqamah, Rabu (11/8)

Menurut Master Program Pesantren Ramadhan Misran Fuadi, pesantren kilat yang dibuka Zulkifli Abubakar mewakili Vice President Direktur PT Arun, berlangsung selama 6 hari dari tanggal 11-16 Agustus 2010 untuk memberikan bimbingan teoritis dengan harapan memberikan  manfaat bagi peserta dengan menghasilkan out put yang maksimal daripada belajar sendiri, diisi aqidah bersifat ketauhidan yang kuat, ilmu praktis dalam beribadah dan melaksanakan syariat, moralitas yang baik membungkus umat Islam, pengajaran Al Quran dan Hadist yang dijabarkan dalam kasus-kasus yang akan menuntun peserta nantinya menjadi dewasa dan hidup di tengah-tengah masyarakat.