Sebanyak + 368 anggota Pramuka Kwartir Ranting Kecamatan Gandapura Kabupaten Bireuen, melakukan kegiatan latihan kepramukaan dengan mengadakan Perkemahan Jumat Sabtu Minggu Bakti Pramuka Tingkat Penggalang dan Penegak “PERJUSAMI BAKGIAT G/T” di Bumi Perkemahan Lapangan Sepakbola MTsN/MAN Desa Keude Lapang Kecamatan Gandapura Kabupaten Bireuen, Jumat (26/2).

Perkemahan tiga hari yang dimulai Jumat dan berakhir Minggu bagi anggota Pramuka tingkat penggalang dan penegak di bawah binaan Kwaran Gandapura ini, menurut Pembina Utama Kegiatan, Kapten ARH Ronald Samosir kegiatan dilaksanakan untuk meningkatkan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Mahaesa, menyiapkan kader kepramukaan tenaga sukarelawan yang terampil dan mahir serta peduli lingkungan yang dapat berbakti pada masyarakat sehingga dapat berguna bagi diri sendiri, agama, bangsa, dan Negara, serta menumbuhkembangkan rasa kedisiplinan, kemanusiaan yang tinggi, cinta kasih sesama umat, dan saling menolong tanpa pamrih, dan memupuk rasa cinta tanah air generasi muda terhadap bangsa dan Negara Republik Indonesia.

Perjusami yang dilaksanakan atas kerja sama Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Kecamatan Gandapura dengan Satuan Karya (Saka) Wira Kartika ini mengusung tema Dengan Persami Bakti dan Kegiatan PramukaTingkat Penggalang dan Penegak (Persami Kembagiat G/T) kita tingkatkan ketaqwaan terhadap Allah SWT, meningkatkan solidaritas yang tinggi antar sesama anggota Pramuka dan masyarakat dengan dilandasi niat yang ikhlas serta kemauan dan disiplin yang tinggi.

Sebagai pelaksana kegiatan adalah Gudep B 177 dan B 178 Koramil 08 Kecamatan Gandapura Kabupaten Bireuen. Menurut Kak Nurdin dan Kak Syahrul Effendi selaku Panitia Pelaksana, perkemahan kali ini menampilkan materi kegiatan antara lain: kegiatan umum, kerohanian seperti sholat berjamaah, ceramah agama, cerdas cermat agama Islam, kegiatan kepramukaan meliputi tolak ukur perkemahan, forum penggalang dan penegak, lomba masakan tradisional, pengetahuan kepramukaan, dan LKBB.

Pada Sabtu malam (27/2) dilakukan kegiatan api unggun tepat pukul 22.00. inti kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan semangat dan gairah perjuangan bagi semua anggota Pramuka dalam meraih cita-citanya demi masa depan, adik-adik Pramuka tetap bergelora dalam mengikuti berbagai kegiatan selama mengikuti latihan kepramukaan.
Setelah api unggun dilanjutkan dengan atraksi pentas seni dan budaya dari setiap regu yang ikut dalam perkemahan. Acara hiburan yang dipandu Kak Nurdin dengan permainan harmonikanya sungguh memukau masyarakat yang turut hadir menyaksikan secara langsung.

Pada hari terakhir kegiatan, Minggu (28/2), para peserta perkemahan melakukan Karya Bakti Sosial dengan turun langsung ke lokasi pembersihan Pasar dan mesjid Gandapura agar indah dipandang mata, serta melakukan penghijauan di sekitar jalan protocol Banda Aceh-Medan, juga penyuluhan Narkoba untuk anggota Pramuka pada hari kedua kegiatan inti.