Majelis Edukasi Gerakan Pramuka Antar Pesantren (Megatren) merencanakan sebuah kegiatan besar Perkemahan Antar Pesantren Se-Sumatera ke-IX tahun 2010 ini yang dipusatkan di Bumi Perkemahan Rancung di areal Marinir Lanal Lhokseumawe.
Untuk mewujudkan itu semua, Rabu (3/2) Misbahul Ulum, Panitia Pelaksana, Dewan Kerja Cabang, Kwarcab Lhokseumawe dan unsur Muspika Muara Satu mengadakan pertemuan di Aula Kantor Camat Muara Satu Lhokseumawe membahas persiapan-persiapan yang akan dilakukan demi suksesnya penyelenggaraan even besar tersebut.
Dalam pertemuan itu , Kak Sarwoko selaku Ketua Pelaksana Perkemahan Antar Pesantren, mengatakan di hadapan Muspika Muara Satu Lhokseumawe, Kak T.Ruslan dan Kak Sukri dari Kwarcab Lhokseumawe, Kak Fajar dari DKC, Kak Iskandarsyam dari Kwaran Muara Satu, Kak Kapten Ali Ridho Wakil Danlanal Lhokseumawe, dan Kak Lettu Ronald L dari Paspot Mar, bahwa kegiatan ini akan dilaksanakan pada tanggal 21 s.d. 27 Februari 2010 di Bumi Perkemahan Rancung Batuphat, Lhokseumawe. Sebagai tuan rumah adalah Pondok Pesantren Misbahul Ulum Desa Paloh Kecamatan Muara Satu Lhokseumawe.
Lebih lanjut beliau mengatakan kegiatan perkemahan antar pesantren ini melibatkan sedikitnya 40 dewan juri yang berasal dari Alumni Pesantren Gontor, memiliki sasaran yang hendak dicapai demi kemajuan kegiatan kepramukaan di antaranya: meningkatkan ketaqwaan terhadap Allah SWT, mengembangkan pengetahuan bagi kemajuan Gerakan Pramuka di Gudep masing-masing khususnya dan tanah air umumnya, meningkatkan rasa solidaritas dan ukhuwah islamiyah tanpa membedakan golongan ras dan suku bangsa, serta sebagi proses peningkatan disiplin lebih positif.
Sebagai yang memfasilitasi kelancaran perkemahan, Kak Lettu Ronald L Paspot Mar dengan bantuan Kwarcab Lhokseumawe dan DKC sangat mendukung terselenggaranya kegiatan perkemahan yang diadakan setiap 2 x setahun ini. Beliau juga menambahkan bahwa setiap bulan Februari perkemahan khusus untuk penggalang putra dan Oktober untuk penggalang putri, dan ini sudah menjadi kalender tetap yang sudah berlangsung sejak tahun 2001.
Di akhir pertemuan, Perwira Angkatan Laut ini berujar bahwa kegiatan akbar antar pesantren se Sumatera tahun ini mengangkat tema Bina Ukhuwah Gali Potensi Raih Prestasi dan berharap bisa terlaksana dengan baik berkat kerjasama semua pihak yang terlibat dalam perkemahan ini sehingga moto yang disandang Alam Terbentang Jadikan Guru dapat terwujud dan berhasil dengan sukses. Panitia telah siap menunggu kehadiran adik-adik Pramuka Penggalang yang akan ikut dalam acara nanti.
Setelah pertemuan usai, dilanjutkan seluruh panitia meninjau langsung bumi perkemahan, melihat kondisi lapangan yang akan digunakan dalam ajang perkemahan nanti. Selamat datang adik-adik Penggalang, selamat bertemu di bumi perkemahan..! Jayalah Pramuka Jayalah Indonesia…!!!

“Telah dimuat di SKU haba Rakyat, Langsa-Aceh, Indonesia, edisi 91 Minggu Kedua Februari 2010, hlm 8