Untuk mengurangi kenakalan remaja dan menyalurkan kemampuan bakat seni siswa, OSIS SMA Yapena pada Minggu (24/1 2010) menggelar acara akbar tahunan Festival Band 2010 di gedung Multipurpose Building PT Arun, Batuphat, Lhokseumawe.
Acara yang dimulai pukul 09.00 diawali laporan Ketua Pelaksana Festival Band 2010. Dalam laporannya Rizka Haresti mengatakan lomba kali ini diikuti 18 group band yang tergabung dalam OSIS Yapena. Group-group band tersebut merupakan gabungan group siswa kelas 1-3 SMP dan SMA.

Lebih lanjut Ketua Pelaksana yang juga siswi kelas XI SMA Yapena mengutarakan ajang lomba ini sebagai ajang kreativitas para siswa untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan dalam bidang seni sekaligus mencintai seni khusus bagi generasi muda harapan bangsa. Selain sebagai pengisi waktu luang dengan kegiatan positif, juga sebagai pelepas rasa penat siswa kelas akhir yang selama ini berkutat dengan butir soal-soal tes bimbingan studi yang dilaksanakan Bima.

Di sela-sela ajang lomba, Erwin Syafruddin, Pembina Kesenian SMA Yapena mengatakan kegiatan yang telah dimulai sejak tahun 1987 ini mendapat sambutan dan sikap positif dari semua pihak, baik Management PT Arun, Yapena, dan orang tua siswa serta kesiapan para siswa dalam menerima pengetahuan music dalam kegiatan ekstrakurikuler di sekolah, mulai dari pengenalan tangga nada, not balok, rangkaian akord, dan aplikasinya pada alat music.

Arancer music marching band terbaik Indonesia ini juga berharap agar kegiatan lomba yang menampilkan lagu wajib “ Walau Habis Terang, Akhir Penantian, Astaga, Sahabat Jadi Cinta, dan Sebelah Mata” bisa lebih eksis lagi, untuk tahun mendatang tidak hanya diikuti peserta dari Yapena saja, tetapi bisa diikuti peserta lain dari sekolah yang ada di kota Lhokseumawe.

Harapan senada juga dilontarkan salah seorang peserta Husnan Zuhri yang menyampaikan bahwa semua peserta senang apalagi untuk menunjang keberhasilan di masa yang akan datang. Ya setidaknya sebagai bekal persiapan untuk terjun ke dunia music sesungguhnya secara total setamat SMA nantinya.

Pada akhir acara, Bapak Maimun Yusuf mewakili management PT Arun dan Yapena berkesempatan memberikan penghargaan dan hadiah kepada para pemenang dengan harapan agar para juara yaitu juara 1 group band Squidward, juara 2 group band Nine Sinst, dan pemenang 3 gorup Blaster tidaklah cepat merasa puas dan berusaha menampilkan kreativitas lainnya sebagimana pemusik andalan di tanah air pada masa yang akan datang.

” Telah dimuat di SKU haba Rakyat, Langsa-Aceh, Indonesia, edisi 90, Minggu Pertama Februari 2010, hlm 8