Sebanyak + 300 anggota Pramuka dan PMR dari Lhokseumawe dan Aceh Utara, melakukan kegiatan latihan Perkemahan Gabungan Jumat Sabtu Minggu “KEMGAB PERJUSAMI” di Bumi Perkemahan SD 2 Yapena Jln Balikpapan Batuphat Lhokseumawe, Jumat (26/3).
Perkemahan tiga hari bagi anggota Pramuka dan PMR ini, acara pembukaannya diawali dengan pembacaan ayat suci Al Quran oleh salah seorang peserta dari Misbahul Ulum Paloh dan dibuka Drs. Bachtiar Yusuf, MBA Direktur Pendidikan Yayasan Pendidikan Arun.

Ka Mabigus Pangkalan Arun ini memberikan apresisinya kepada Pramuka-PMR Pangkalan Arun dan Kwaran Muara Satu yang telah memprakarsai kegiatan ini dan memberikan pesan banyak hal yang adik-adik dapatkan dari kegiatan Perjusami di sini. Jadikan arena perkemahan sebagai salah satu kesempatan untuk mengevaluasi kegiatan dan pengetahuan yang selama ini telah didapat dari Kakak Pembina. Jadikanlah diri adik-adik menjadi orang yang dapat diandalkan , tidak hanya untuk diri sendiri, tetapi juga bermanfaat bagi masyarakat banyak. Juga mengajak setiap peserta benar-benar mengamalkan isi Dasa Dharma Pramuka dan janji PMR dengan membentuk pribadi yang bertanggung jawab dan mandiri.

Menurut Penanggung Jawab Utama Kegiatan, Kak Sukri kegiatan dilaksanakan untuk meningkatkan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Mahaesa, kemandirian setiap anggota Pramuka dan PMR, serta untuk mempererat tali persaudaraan antara mereka.
Perjusami dilaksanakan atas kerja sama PMR dan Gerakan Pramuka Gudep Pangkalan Yapena dengan Kwartir Muara Satu Lhokseumawe yang diikuti 30 Pangkalan Pramuka dan PMR yang berada di Lhokseumawe dan Aceh Utara, yang akan mengikuti 11 cabang kegiatan, ujar Ketua Pelaksana Mahdani dalam laporannya saat acara pembukaan.

Sebagai pelaksana kegiatan adalah PMR dan Gudep 02059-02060 Pangkalan Yapena. Perkemahan kali ini menampilkan materi kegiatan antara lain: Lomba Debat, Lomba Memasak, Teknologi Tepat Guna, P3K, Panorama, Pionering, Tali-temali, Penjelajahan, Jembatan Darurat, Cerdas Cermat, dan Lomba Puisi.

Pada Sabtu malam (27/3) dilakukan kegiatan atraksi pentas seni dan budaya dari setiap regu yang ikut dalam perkemahan. Acara hiburan yang dipandu Kak Kusnadi sungguh menarik semua peserta yang turut hadir menyaksikan secara langsung di aula SD 2 Yapena. Setelah itu dilakukan kegiatan api unggun pada pukul 24.00
Pada hari terakhir kegiatan, Minggu (28/2), para peserta perkemahan melakukan kegiatan penjelajahan menaiki dan menuruni bukit di seputar Arun dan desa sekitar berjarak tempuh 5 Km.

Kemgab Pramuka PMR Lhokseumawe Aceh Utara ini ditutup Ketua Dewan Pembina Pangkalan Yapena, Ridwan Ishak pada Minggu (28/3). Beliau mengucapkan selamat dan sukses atas terselenggaranya acara Kemgab Pramuka PMR ini karena sangat berguna bagi generasi muda dan berpesan untuk tetap melanjutkan kegiatan Kemgab ini pada masa datang untuk membina mental spiritual demi masa depan, dan memanfaatkan waktu dan peluang yang ada demi cita-cita dan harapan orang tua adik-adik peserta.

Pada acara penutupan Kemgab, Ketua Dewan Pembina Yapena, Direktur Pendidikan Yapena, dan Ka Kwaran Muara Satu memberikan cindera mata kepada para juara, di antaranya:
juara memasak SMPN 8 putri , TTG Misbahul Ulum putra dan SMA Yapena putri, puisi SMP Sukma putra dan Misbahul Ulum putri, Debat SMA Yapena putra, P3K PMR Yapena putra dan SMP Yapena putri, Panorama SMK Nisam putra dan putri, Pionering Misbahul Ulum putra, Jembatan Darurat SMK Nisam, Tali-temali SMP Sukma, Cerdas cermat SMP 8 putra dan SMA Yapena putri, dan Penjelajahan SMP 5 Lhokseumawe. Juara umumnya diraih SMK Negeri Nisam Aceh Utara.

“Telah dimuat di haba Rakyat, Langsa-Aceh Indonesia, edisi 93 Minggu Pertama April 2010, hlm 8