Pramuka sebagai organisasi pencetak generasi muda yang bertanggung jawab, disiplin, berani, dan setia benar-benar diwujudkan Dewan Kerja Cabang (DKC) Kwarcab Kota Lhokseumawe dalam Perkemahan Kompetisi Tunas Remaja 2 bagi anggota Pramuka Penggalang dan Penegak yang dilaksanakan dari tanggal 17-20 Juni 2010 di Bumi Perkemahan Tunas Bangsa, Yayasan Sukma, Panggoi Kecamatan Muara Dua Lhokseumawe.

Perkamahan Kompetisi Tunas Remaja 2 ini dimulai pukul 10.30 WIB, setelah sehari sebelumnya dilaksanakan kegiatan lomba hafalan ayat-ayat Al Quran pada Kamis (17/6) malam. Kegiatan yang melibatkan 19 pangkalan Pramuka, yang berasal dari 11 SMP dan 8 SMA se Lhokseumawe, mengagendakan kegiatan penseleksian untuk memilih juara-juara terbaik, baik sangga maupun regu yang akan mewakili Lhokseumawe dalam PW Nas dan HUT Pramuka mendatang, diisi dengan materi lomba antara lain: hafalan ayat-ayat Al Quran, TTG, Jota-joti, merangkai sirih, bivak, P3K, melukis, pentas seni, hacking, role play, pioneering, alam mimpi, Microsoft excel, menaksir, panorama, semaphore, memasak, sandi, dan packing, demikian laporan ketua pelaksana Nur Alfian di hadapan Walikota Lhokseumawe, Kadisdikpora Lhokseumawe, , unsur mabicab, para Pembina, dan 488 peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut.

Asisten 1 Ramli Azis yang mewakili Walikota Lhokseumawe dalam amanat pembukaan kegiatan lomba mengajak seluruh peserta untuk melaksanakan kegiatan lomba dengan penuh persaudaraan, meningkatkan kedisiplinan bagi generasi muda dan khususnya anggota Pramuka, dan tetap bekerja sama untuk menyelesaikan semua materi kegiatan yang diberikan kakak Pembina.

Meski lelah dan haus adik-adik Pramuka yang ikut kegiatan ini tetap saja bersemangat mengikuti materi yang diperlombakan. Persaudaraan, kekompakan, kebersamaan, begitu terasa dan menggetarkan jiwa semua peserta saat kegiatan pentas seni digelar Jumat (18/6) malam di aula Yayasan Sukma Lhokseumaawe. Tepuk tangan dan gemuruh suara membahana membangkitkan semangat tiap peserta yang sedang tampil, ditambah Sabtu (19/6) malam acara api unggun yang digelar kian menggoda naluri pemuda di sekitar menyaksikan kegiatan Pramuka yang penuh makna dan menjadikan malam itu terasa begitu indah dan penuh kesan. Kebersamaan itu kian terasa membekas di dada saat kegiatan baksos yang digelar di mushola seputaran perkemahan pada Minggu (20/6) pagi. Semua peserta bahu membahu menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat yang membuat warga sekitar merasa gembira menyambut kegiatan positif ini.

Perekamahan empat hari yang digagas DKC Kwarcab Lhokseumawe berakhir dan ditutup Ketua Harian Kwarcab Lhokseumawe Ramli Ismail, S.Pd, MM. pada Minggu (20/6). Dalam kata pisahnya, Kadisdikpora Lhokseumawe ini mengucapkan terimakasih pada semua anggota DKC dan Kwarcab yang telah berhasil melaksanakan acara perkemahan. Kegiatan positif ini perlu mendapat dukungan semua pihak, bahkan pemerintah kota Lhokseumawe mulai tahun ajaran baru nanti akan mengagendakan kegiatan Pramuka masuk kegiatan wajib dalam kegiatan sekolah.

Acara terakhir diisi dengan pemberian hadiah bagi tiap pemenang, Ny. Radiati Akub kepada tegak pa juara (1) SMA Negeri 1 nilai 1759, (2) SMA Negeri 5 nilai 1735, (3) SMA Swasta Yapena nilai 1731, dan tegak pi juara (1) SMA Swasta Yapena nilai 1831, (2) SMA Negeri 1 nilai 1709, (3) SMA Negeri 5 nilai 1695, sedangkan T.Ruslan menyerahkan hadiah kepada galang pa (1) SMP Negeri 2 nilai 2411,25 (2) SMP Negeri 3 nilai 2198 (3) SMP Negeri 1 nilai 2195,50 galang pi (1) SMP Negeri 1 nilai 2127,25 (2) SMP Negeri 5 nilai 2125,50 (3) MTs Dayah Modern Arun nilai 2124. Hadiah juara umum diberikan Ramli Ismail, S.Pd MM. kepada Penegak sekolah Yapena dan Penggalang SMP Negeri 1 Lhokseumawe .


Asisten 1 Walikota Lhokseumawe Ramli Azis sedang meninjau
lokasi kemah dan berdialog dengan salah satu regu
Perkemahan Kompetisi Tunas Remaja 2 Jumat (18/6)