Sebanyak + 200 anggota Pramuka Kwartir Ranting Muara Satu Lhokseumawe, Minggu pagi (24/1) melakukan kegiatan latihan kepramukaan dengan mengunjungi Kapal Perang Republik Indonesia KRI Yosudarso yang tengah berlabuh di dermaga Pelabuhan Umum Krueng Geukueh, Aceh Utara. Kegiatan kunjungan anggota Pramuka tingkat siaga, penggalang, penegak, dan saka bahari di bawah ketua rombongan Kak Iskandarsyam ini dilaksanakan untuk menumbuhkembangkan rasa cinta tanah air generasi muda terhadap bangsa dan Negara Republik Indonesia sekaligus untuk mengenalkan lebih dekat lagi kesatuan TNI AL bagi anggota Pramuka.

Kedatangan rombongan Pramuka Pangkalan Arun, SMA 5, dan Saka Bahari Lhokseumawe disambut hangat, gembira, dan penuh kekeluargaan oleh Kak Ronald L. di depan pintu masuk kapal KRI Yosudarso.
Kepada anggota Pramuka, Pasportmar Lhokseumawe itu menjelaskan dengan rinci tentang keberadaan dan keunggulan kapal perang KRI Yosudarso. Atas penjelasan tersebut, adik-adik Pramuka Siaga dari pangkalan Arun yang umumnya masih SD itu merasa senang dan gembira mengetahui bahwa KRI Yosudarso merupakan kapal perang terlengkap yang dimiliki angkatan perang Indonesia.

Selain itu, adik-adik Pramuka juga diberi kesempatan untuk berkeliling dan melihat langsung bagian-bagian kapal dan peralatan yang dimiliki kapal tersebut serta diberikan penjelasan tentang peranan dan tugas TNI Al terhadap negara dalam mengamankan wilayah Negara Republik Indonesia seperti yang dijelaskan oleh bapak-bapak TNI AL yang sedang bertugas saat itu.

Seusai acara, sebelum meninggalkan kapal, seluruh anggota Pramuka dan pembinanya berfoto bersama dengan Kak Ronald L dan anggotanya di atas kapal sebagai kenang-kenangan.

Pada acara pamit pisah, Kak Sukri selaku Pembina Gudep Pangkalan Arun mengucapkan terimakasih atas sambutan dan penerimaan kepada Kak Ronald dan anggotanya yang telah bersedia menerima kedatangan anggota Pramuka Kwaran Muara Satu dan telah diberi kesempatan mengunjungi KRI Yosudarso dan berharap kesempatan ini tidak hanya untuk kali ini, namun bisa berlanjut untuk masa yang akan datang. Semoga…!

” Telah dimuat di SKU haba Rakyat, Langsa-Aceh, Indonesia edisi 90, Minggu Pertama Februari 2010, hlm 8